Benarkah Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara?

Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara. Mengapa banyak sekali orang-orang yang berani mengharamkan suatu amaliah-amaliah yang baik dengan cara membid'ahkannya? Waspadai diri kita. Siapa Tahu kita termasuk penjahat terbesar bagi masyarakat muslim lainnya, sebagai seorang muslim, kita tidak mau menjadi penjahat besar bagi masyarakat muslim kan?

Akan tetapi kita secara tidak sadar mungkin selama ini sudah termasuk dalam bagian dari penjahat besar itu, penjahat besar terhadap masyarakat muslim. Coba kita teliti apakah kita sangat suka mempermasalahkan amaliyah-amaliyah yang baik dari masyarakat muslim? Misalnya, apakah kita suka sekali menghujat muslimin yang sedang membaca surat Yasin (Yasinan) di malam Jum'at sebagai seseorang yang Ahli Bid'ah dan akan masuk neraka?


Banyak sekali sekarang-sekarang ini isu mengenai bid'ah tentang amaliyah-amaliyah muslim lainnya yang disebarkan di tengah umat Islam agar menimbulkan fitnah terhadap agama Islam. Akibat meluasnya isu-isu bid'ah di tengah masyarakat muslim dapat mengubah persepsi yang Mubah menjadi Haram, bahkan sampai yang Halal pun menjadi Haram. Itulah karena disebabkan fitnah-fitnah kepada Islam dan sekaligus merupakan kejahatan yang besar. Marilah kita simak dan dalami sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini,

قال رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ أَعْظَمَ
الْمُسْلِمِينَ جُرْمًا مَنْ سَأَلَ عَنْ شَيْءٍ لَمْ يُحَرَّمْ فَحُرِّمَ
مِنْ أَجْلِ مَسْأَلَتِهِ

(صحيح البخاري)

Sabda Rasulullah saw :
“Sebesar-besar kejahatan muslimin (pada muslim lainnya) adalah yang mempermasalahkan suatu hal yang tidak diharamkan, namun menjadi haram sebab ia mempermasalahkannya". (Shahih Bukhari)

Kita lihat hadist di atas begitu jelas bahwa mempermasalahkan amaliah-amaliah muslimin yang tidak diharamkan namun dikatakan haram (bid'ah terlarang) itu merupakan kejahatan yang sangat besar. Nabi Muhammad SAW sendiri yang bersabda dalam sebuah hadist tersebut yang ada di Shahih Bukhari. "Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara". Tetapi banyak sekali yang mempermasalahkannya dengan cara membid'ahkan amalan-amalan yang dilakukan sebagian masyarakat muslim di Nusantara ini khususnya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar